Pelajari Aplikasi MyPertamina, serta Fiturnya Selain membeli BBM

Pertamina telah memperkenalkan aturan baru tentang cara membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar dan Pertalite. Efektif 1 Juli 2022, masyarakat diwajibkan membeli kedua jenis BBM tersebut melalui aplikasi MyPertamina. Tidak hanya itu, aplikasi MyPertamina memiliki banyak fitur lainnya.

Bagi yang belum tahu, BBM bersubsidi adalah bahan bakar yang disediakan pemerintah untuk masyarakat dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kuantitas terbatas dan harga ditetapkan oleh pemerintah untuk beberapa konsumen berdasarkan kuota.

Keberadaan BBM bersubsidi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan BBM murah masyarakat Indonesia. Pendistribusian energi solar dan pertalite sebagai bahan bakar bersubsidi diatur dalam Peraturan Presiden (PP) No. 191/2014 dan SK BPH Migas (SK) No. April 2020

Untuk memastikan distribusi BBM bersubsidi yang benar, Pertamina akan memimpin penerapan aturan pembelian BBM, hanya mendaftarkan mereka yang dapat membeli BBM ke dalam sistem MyPertamina.

Komitmen pembelian solar dan pertalite bersubsidi dalam aplikasi ini akan dilaksanakan di 11 wilayah di lima provinsi Indonesia per 1 Juli 2022

Pelajari tentang Aplikasi MyPertamina.

MyPertamina adalah aplikasi layanan keuangan digital milik Pertamina dan merupakan anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja.

MyPertamina hadir bersama LinkAja sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pelanggan produk PT Pertamina Patra Niaga. Kami berharap aplikasi ini akan memudahkan pelanggan kami untuk membeli produk Pertamina.

MyPertamina memberikan keuntungan kepada pelanggan, seperti perolehan poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai reward melalui aplikasi (syarat berlaku).

Aplikasi tersebut dapat diunduh oleh pengguna smartphone berbasis Android (Play Store) dan iOS (App Store).

Bagi yang belum mendaftar dan memiliki aplikasi My Pertamina juga bisa mendaftar di sini.

Berikut langkah-langkah untuk pendaftar baru:

  • Siapkan dokumen yang diperlukan seperti tanda pengenal, STNK, foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Buka website subsiditepat.mypertamina.id.
  • Periksa informasi dan pahami kebutuhan Anda.
  • Pilih menu daftar sekarang.
  • Ikuti petunjuk di situs.
  • Harap tunggu data cocok hingga 7 hari kerja dari email terdaftar Anda atau periksa status pendaftaran Anda secara berkala di situs.
  • Setelah diverifikasi, Anda akan menerima kode QR khusus yang menyatakan bahwa data Anda sama, dan Anda akan dapat membeli Pertalite dan Diesel.

Ada juga langkah-langkah pembelian BBM menggunakan aplikasi MyPertamina.

  • Masukkan nomor telepon Anda dan PIN yang Anda buat sebelumnya untuk masuk ke akun Anda.
  • Untuk melakukan transaksi pembelian, Anda perlu menautkan aplikasi MyPertamina ke LinkAja dari halaman awal.
  • Anda dapat melakukan pembelian dengan menautkan kedua aplikasi ini. Pertama, pastikan kredit aplikasi cukup untuk membeli BBM.
  • Untuk melakukan pembayaran, pilih opsi “Bayar” di halaman awal aplikasi.
  • Scan kode QR yang diberikan oleh petugas SPBU Pertamina di aplikasi.
  • Anda dapat memasukkan PIN Anda di akun LinkAja Anda untuk mengkonfirmasi pembelian Anda.
  • Saldo di akun LinkAja Anda secara otomatis didebet setelah pembayaran untuk pembelian dikonfirmasi.
  • Untuk registrasi, Anda dapat membeli BBM apa saja yang dijual di SPBU Pertamina, termasuk solar dan Pertalite, dengan menggunakan cara pembelian BBM di atas melalui aplikasi MyPertamina.

Fungsi Aplikasi MyPertamina

Berikut adalah beberapa fitur dari aplikasi MyPertamina yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cashless BBM, menggunakan Aplikasi MyPertamina

Cashless BBM, menggunakan Aplikasi MyPertamina

Fitur pertama adalah pembayaran cashless untuk BBM Pertamina. Ini bermanfaat bagi orang-orang saat ini karena kebanyakan orang tidak lagi menggunakan uang tunai untuk melakukan pembelian.

Saat ini, layanan in-app cashless menawarkan opsi dompet digital LinkAja. Artinya pengguna harus menautkan akun MyPertamina mereka ke LinkAja.

Berikut cara menghubungkan MyPertamina ke LinkAja

  • Buka aplikasi MyPertamina, lalu pilih opsi “Aktifkan” dari halaman beranda.
  • Pastikan Anda sudah memiliki akun LinkAja, lalu pilih Sudah. Jika Anda belum memiliki akun LinkAja, unduh aplikasinya dan daftar terlebih dahulu.
  • Jika sudah, masukkan kode PIN untuk akun LinkAja Anda.
  • Setelah memasukkan kode PIN, Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS ke nomor ponsel Anda yang terdaftar.
  • Jika kode verifikasi yang Anda masukkan benar, akun LinkAja Anda akan otomatis tertaut ke aplikasi MyPertamina.
  • Pulsa LinkAja Anda akan otomatis terpotong ketika nantinya Anda melakukan pembelian BBM melalui aplikasi MyPertamina.

Informasi riwayat pembelian BBM dan penyediaan poin

Aplikasi MyPertamina memungkinkan Anda untuk memeriksa riwayat pembelian BBM Anda di bagian atas layar aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat melihat berapa banyak poin yang Anda miliki.

Poin tersebut bisa Anda kumpulkan dengan cara membeli BBM di SPBU Pertamina. Anda mendapatkan 10 poin untuk pembelian Pertamax Turbo dan BBM Pertamina Dex serta 3 poin untuk pembelian Pertamax dan Dexlite.

Berdasarkan situs resmi MyPertamina, jika mendapatkan 80.000 poin, Anda bisa mendapatkan hadiah menarik berupa SPBU Emko Brik Pertamina.

Selain itu, poin dengan 100.000 poin dapat ditukar dengan item seperti truk die-cast atau Rambos die-cast.

Produk Online

Produk Online

Bagi yang ingin membeli produk Pertamina tidak perlu mengunjungi toko offline. Anda dapat membeli produk melalui aplikasi.

Aplikasi tersebut memungkinkan calon konsumen untuk membeli berbagai produk dari Pertamina, antara lain stiker, kaos, dan gantungan kunci.

Memesan BBM ke Rumah

Aplikasi MyPertamina memungkinkan pengguna memesan BBM Pertamina yang akan diantar ke alamat rumah.

Sebagai informasi, bagaimanapun, aplikasi BBM residensial Pertamina masih dalam tahap uji coba di wilayah Jakarta Selatan. Bahan bakar yang bisa dipesan hanyalah beberapa varian Bright Gas.

Memberikan informasi lokasi charging station

Aplikasi MyPertamina memiliki fungsi charging station. Stasiun Pengisian adalah fungsi yang menampilkan informasi terkait Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), seperti lokasi SPKLU terdekat. Namun, fitur ini belum tersedia.